Sedikit Cerita Tentang 100 Tahun Mazda di Dunia Otomotif
Jakarta - Mazda Electric motor Firm resmi merayakan hari jadinya yang ke-100 atau 
satu abad di industri otomotif international pada 30 Januari 2020. 
Meniti karir dari 1920, menariknya pabrikan asal Jepang ini tidak 
diawali dengan memproduksi kendaraan bermotor melainkan gabus untuk 
tutup botol a glass of wine atau minuman anggur.
Kala itu, nama yang diusung ialah Toyo Cork Kogyo Co. Ltd dengan nakhoda
 Jujiro Matsuda. Pada tahun itu pula, ia dilantik sebagai Presiden 
hingga kemudian membuat berbagai terobosan menarik.
Enam tahun menjabat atau tepatnya di 1927, perusahaan mengganti 
identitasnya menjadi Toyo Kogyo Co., Ltd dan mulai mencoba melahirkan 
kendaraan untuk memudahkan bisnis perjalannnya.
"Tepat pada 1931, produksi pertama kendaraan Mazda merupakan pikap 
3-roda dengan nama Mazda-GO. Ini terus berlanjut sampai pada akhirnya 
Jujiro dinobatkan sebagai bapaknya Mazda hingga kini," ujar Head of 
Department Public Relations and also Media Communications PT Eurokars 
Motor Indonesia (EMI) Fedy Dwi Parileksono, Rabu (11/11/2020).
Fedy melanjutkan, saat itu Mazda dibantu Mitsubishi untuk memasarkan 
kendaraan tersebut. Mitsubishi bertugas menjadi supplier Mazda Go, 
sementara manufaktur ditangani Mazda. "Kita ketahui 1945 ada peristiwa 
bom atom Hiroshima-Nagasaki.
Mazda Go turut membantu memulihkan kembali 
kota Hiroshima,"Pada 1960, Mazda mulai memprodukssi kendaraan roda empat
 pertamanya, yakni R360 Sports car.
Sejak saat itu, mobil-mobil keren Mazda terus dilahirkan hingga memasuki
 periode 1967 dengan lahirnya version 110S atau Mazda Cosmo Sport. 
Melalui berbagai besutan yang inovatif disertai mesin rotary, sontak 
nama Mazda sebagai produsen kendaraan bermotor mulai mencuat.
"Mazda identik dengan mesin rotary, Semua itu dilakukan 1967 Mazda 
memperkenalkan 110S Mazda Cosmo Sport. 10A enginee kode 0810. Pada saat 
itu bisa mencapai 110 hp pada 7.000 rpm torsinya lumayan besar,"kata 
Fedy.
"Memang, mesin rotating bukan Mazda yang kali pertama kenalkan. Tapi 
Mazda berjasa untuk mempopulerkannya," lanjut dia. Singkat cerita, Mazda
 terus melakukan pelebaran sayap sampai pada 1971 dengan berdirinya 
Mazda Motor of America. Empat tahun kemudian, barulah muncul logo 
pabrikan untuk kali pertamanya.
Pada 1987, lahir salah satu mobil legendaris yang digemari para pecinta 
kendaraan kencang yakni RX-7 dengan mesin rotary. Setelah itu, pada 1989
 lahir Mazda MX-5 yang amat ikonik sebagai roadster. "Teknologi Mazda 
terus berkembang seiring dengan masuknya pabrikan ke Indonesia.
Singkat cerita, pada 2012 mulai diperkenalkan teknologi baru yaitu 
SKYACTIV sekaligus dikenalkan CX-5 sebagai crossover yang menggunakan 
KODO desain,"ucap Fedy.
"Tahun 2019, Mazda mulai 7th Generation melalui All-New Mazda3. Sudah 100 tahun Mazda berkiprah di otomotif sehingga bisa dikatakan pabrikan ini telah berpengalaman. Jadi, segala bisnis dan produknya tidak sembarangan,"kata Fedy.
Komentar
Posting Komentar